Wednesday, April 4, 2012

KINSHIP @ Bentara Budaya Bali

Kinship (kekerabatan) adalah istilah sosiologi. Kinship bersifat universal dan dalam kebanyakan masyarakat memainkan peran penting dalam sosiologi individu-individu dan pemeliharaan solidaritas kelompok. Dalam masyarakat sederhana, hubungan kekerabatan dapat begitu luas dan penting sehingga berlaku sebagai sistem sosial. Dalam masyarakat yang lebih kompleks, biasanya kekerabatan merupakan bagian yang cukup kecil dari totalitas hubungan sosial yang membentuk sistem sosial.

Diandaikan sebuah sistem sosial, maka para pegrafis Bali hari-hari ini adalah sebuah masyarakat sederhana yang mempunyai hubungan kekerabatan sangat mendalam dengan sesama pegrafis. Hubungan ini mudah dipahami mengingat jumlah pegrafis di Bali sungguh sangat sedikit. Untuk alasan itulah pengandaian kinship ini sangat tepat dikenakan kepada para pegrafis Bali. Pengandaian lain juga, dalam masyarakat yang lebih kompleks, para pegrafis Bali adalah bagian yang cukup kecil dari totalitas yang membentuk sistem sosial seni rupa.

Untuk dua alasan inilah, tajuk pameran ini diberi nama “Kinship”. Tajuk pameran ini adalah sebuah bingkai besar dan longgar yang bisa menampung kecenderungan tema, teknik, dan gaya apapun dalam karya grafis. Tentu saja, ada alasan yang selayaknya dikemukakan di sini. Pertama, pameran ini diniatkan guna mendata dan mengidentifikasi segala kecenderungan tema, teknik, dan gaya seni grafis di Bali. Kedua, kelangkaan pegrafis di Bali adalah sebuah masyarakat kecil (sederhana) yang perlu secara menerus dihidupkan guna memeroleh posisi di tengah-tengah medan sosial seni rupa Bali.

Sekali lagi, pameran dengan tajuk “Kinship” ini adalah pameran seni grafis yang bisa menampung berbagai kecenderungan tema, teknik, dan gaya seni grafis. Sebuah bingkai yang sungguh-sungguh nyaris tanpa batas.[]

Hardiman
kurator

No comments: