Tuesday, March 26, 2013

Tukang Foto Keliling (TFK) “Sederhana tapi Berwawasan”


Beruntung sekali, kali ini saya mendapat kesempatan untuk mengenal dan bergabung dengan keluarga besar Tukang Foto Keliling. Tidak hanya itu, saya juga berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Komandan Tukang Foto Keliling : ,“Nyoman Sujana”, yang akrab disapa “bli Man”,
Menurut penuturan Nyoman Sujana ; “Tukang Foto Keliling adalah komunitas terbuka bagi penyuka seni Fotografi, .TFK bukan hanya sekedar group hoby foto,TFK sudah seperti keluarga.Di keluarga TFK,sharing tentang foto benar-benar terbuka. Tidak ada sesuatu yang dirahasiakan, baik itu tehnik pengambilan foto, sampai cara pengeditan foto.”
Komunitas Fotografi yang tergolong unik ini bermarkas di Pulau Dewata Bali, TFK belum ada basecamp khusus,. Untuk sementara, kantor Nyoman Sujana yang terletak di “Baliwis spa-Nusa Dua” dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para anggota TFK.
TFK terbentuk sekitar 7 bulan yang lalu. Berawal dari pertemuan7 orang dengan hoby yang sama, diantaranya : Nyoman Sujana,Yande Zetia,Dewa Enggung Susila,Dayu,Wayan Benny Saputra,Gede Sumanjaya,dan Merta Yasa,, .Dari pertemuan tersebut,Yande Zetia mengusulkan untuk membentuk komunitas fotografi yang bisa dijadikan wadah bagi penyuka seni fotografi,sekaligus sebagai sarana untuk belajar bersama,berbagi ilmu dan menambah wawasan dalam bidang fotografi. Akhirnya mereka sepakat untuk membentuk komunitas fotografi dengan nama “Tukang Foto Keliling (TFK)”.
Disepakatinya nama “Tukang Foto Keliling” sebagai nama komunitas, karena nama tersebut dirasa lebih sederhana, tidak mau egois menamakan diri Fotografi. Nyoman Sujana juga menambahkan ,”sebagian besar keluarga TFK adalah fotografer-fotografer pemula dengan keterbatasan alat. Hampir semua keluarga TFK menggunakan kamera dan lensa yang sederhana, namun keluarga TFK selalu berusaha untuk memberikan hasil yang terbaik, tidak kalah dengan yang menggunakan kamera mahal.”
Tidak hanya memotret model, TFK juga memotret kebudayaan , landscape,even-even,dll. Untuk saat ini, TFK memang lebih sering memotret dengan konsep model dan hunting lokasi.,. Model disini juga sudah menjadi bagian dari keluarga TFK, tidak ada istilah bayar-membayar untuk model. TFK juga sebagai wadah untuk proses belajar. Baik model ataupun fotografer bisa belajar untuk menambah wawasan dan konsep dalam foto. Tidak hanya sekedar memotret dan dipotret tanpa hasil yang tidak bermanfaat.
Sebagai orang yang dipercaya untuk menjadi komandan TFK, Nyoman Sujana berharap, ;untuk kedepannya TFK bisa terus menjadi wadah berbaginya ide dan pengalaman seputar fotografi yang bisa membuat keluarga besar TFK menjadi semakin maju,selalu berkarya dan berusaha mendapatkan hasil yang terbaik tanpa melanggar norma.
Sampai saat ini,Tukang Foto Keliling beranggotakan lebih dari 130 orang. Bagi yang ingin bergabung dengan keluarga TFK ,bisa join di http://www.facebook.com/groups/167956969911454/ ….
Good Luck TFK!! Salam jepret-jepret :D
Source: Kompasiana.com

No comments:

.

.